Ini Jawaban Telak Ahok, Ditantang Pembuktian Harta Terbalik Oleh Sandiaga Uno

untitled-1

Calon petahana gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjawab tantangan pembuktian harta terbalik yang dilontarkan oleh calon gubernur dari Partai Gerindra dan PKS Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurutnya Ahok, sebelum ditantang Sandi pun dirinya telah melakukan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebanyak tujuh kali.

“Kalau saya sejak dulu LHKPN, sudah tujuh kali saya lapor. Itulah pertanggungjawaban saya. Jadi tinggal dilihat saja di situ sesuai gak,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (3/10/2016).

Bahkan mantan Bupati Belitung Timur ini mengungkapkan, bahwa dirinya sempat dijadikan percontohan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait LHKPN.

“Saya sudah bilang tahun lalu KPK periksa saya 3,5 jam untuk jadi contoh LHKPN. Dia (Sandiaga) bisa lihat sampai di mana biaya hidup dan gaya hidup saya,” ungkap Ahok.

Sebelumnya, Sandiaga Uno meminta Ahok untuk melakukan pembuktian harta terbalik di depan Ikatan Akuntan Indonesia.

“Saya akan undang Pak Basuki sama-sama kita ke Ikatan Akuntan Indonesia, mungkin dari media bisa mengundang dia sama-sama waktunya kapan akan diterima Ikatan Akuntan Indonesia. Kita setujui bersama-sama prosedur untuk menghitung harta secara terbalik,” ujar Sandiaga di Jakarta, Minggu (2/10/2016).

“Minggu depan saya ke Ikatan Akuntan Indonesia menyambut apa yang diajak Pak Gubernur Basuki, melakukan pembuktian harta terbalik,” tutur Sandiaga.

Calon wakil gubernur yang mendampingi Anies Baswedan ini mengungkapkan, selama ini kemungkinan kebijakan yang dikeluarkan Ahok soal pembuktian harta terbalik juga menguntungkan keluarga Ahok.

“Karena mungkin keluarganya Pak Basuki diuntungkan dengan kebijakan Pak Basuki. Itu membuka semuanya dan dibuktikan hartanya terbalik. Jadi Ikatan Akuntan Indonesia sudah menyediakan waktu minggu depan, saya akan datang untuk meminta prosedur apa, karena secara hukum belum ada di dalam hukum kita kecuali pengadilan,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

